Perspektif Budaya Lokal Tri Hita Karana dalam Pencegahan Kecurangan pada Pengelolaan Dana Desa

  • Komang Adi Kurniawan Saputra Universitas Warmadewa
  • Edy Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Mandirta Tama Pusat Pendidikan dan Pelatihan INATA
Keywords: kecurangan, tri hita karana, pengelolaan dana desa

Abstract

Artikel ini berkaitan dengan perspektif dan eksistensi penerapan budaya lokal tri hita karana dalam  organisasi, penerapan budaya tri hita karana dalam pengelolaan dana desa di Desa Sudaji, dan Budaya lokal dengan konsep tri hita karana pada pengelolaan dana desa. Artikel ini merupakan sebuah penelitian yang berusaha untuk mengetahui perspektif budaya lokal tri hita karana dalam pencegahan kecurangan pada pengelolaan dana desa di Desa Sudaji. Hasil dari penelitian ini adalah Konsep tri hita karana sebagai sebuah falsafah yang mampu memberikan manfaat bagi kehidupan bermasyarata terutama didalam pengelolaan organisasi berupa prinsip kebersamaan, keselarasan dan keseimbangan. Budaya lokal tri hita karana dalam pengelolaan dana desa di Desa Sudaji  yang diterapkan dapat memberikan nilai etos kerja bagi aparatur desa. Selain itu, pencegahan kecurangan pada pengelolaan dana desa di Desa Sudaji mengadopsi budaya lokal tri hita karana sebagai penjaga atau pagar terdepan didalam pengelolaan dana desa.

References

Amrizal. 2004. Pencegahan dan Pendektesian Kecurangan oleh Internal Auditor. Online. Diunduh pada 12 Maret 2018.

Atmadja, A. T., N.A. S. Darmawan & K. A. K. Saputra. 2015. Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance dan Proteksi Awig-Awig Terhadap Kinerja Lembaga PerkreditanDesa (LPD) dengan Budaya Menyama Braya Sebagai VariabelModerasi(Studi Pada LPD Se-Kabupaten Buleleng). Prosiding Konfrensi Regional Akuntansi II, Malang-Jawa Timur.

Atmadja, A. T. & K. A. K. Saputra. 2017. Peningkatan Kompetensi Aparatur dan Optimalisasi Sistem Pengendalian Internal Sebagai Upaya Pencegahan Fraud dalam Pengelolaan Keuangan Desa yang Dimoderasi oleh Moralitas. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 12 (1).

Baskerville, R. F. 2003. Hofstede Never Studied Culture. Accounting, Organizations and Society, 28: 1-14.

Dalem, A.A. R. 2008. Sistem Manajemen Lingkungan, Tri Hita Karana dan Implementasinya pada Hotel. Jurnal Bumi Lestari, 8 (1): 58-62.

Gunawan, K. 2009. Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi (Studi pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali). Disertasi Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.

Hall, J. A. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Penerbit: Salemba Empat.

Hofstede, G. 2003. What is culture? A Reply to Baskerville. Accounting, Organiztions and Society. 28: 811-813.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (2015). KPK Temukan 14 Potensi Persoalan Pengelolaan Dana Desa. Diunduh 12 Maret 2018, http://www.kpk.go.id.

Lund, D. B. 2003. Organizational Culture and Job Satisfaction. The Journal of Business & Industrial Marketing; 18 (2/3): 219

Munti, F., & H. Fahlevi. 2017. Determinan Kinerja Pengelolaan Keuangan Desa: Studi pada Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Aceh. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 18 (2): 172-182.

Purwitasari, A. 2013. Pengaruh Pengendalian Internal dan Komitmen Organisasi dalam Pencegahan Fraud Pengadaan Barang (Survey pada 5 Rumah Sakit di Bandung). Skripsi, Jurusan Akuntansi Universitas Widyatama, Bandung.

Riana, IG. 2010. Dampak Penerapan Kultur Lokal Tri Hita Karana terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar serta Konsekuensinya pada Kinerja Usaha (Studi pada IKM Kerajinan Perak di Bali). Disertasi Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.

Sofyani, H., R. Suryanto, S. A. Wibowo, & H. Widiastuti. 2018. Praktik Pengelolaan dan Tata Kelola Pemerintahan Desa Dlingo di Kabupaten Bantul: Pembelajaran dari Desa Percontohan. Jati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia, 1 (1): 1-16.

Saputra, K. A. K. 2012. Analisis Pengaruh Locus Of Control Terhadap Kinerja danKepuasan Kerja Internal Auditor dengan Kultur Lokal Tri HitaKarana Sebagai Variabel Moderasi(Penelitian Terhadap Internal Auditor Hotel Berbintang di Bali). Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(1).

Taufik, T. 2008. Pengelolaan Keuangan Desa dalam Sistem Keuangan Negara Republik Indonesia. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau Tenaya, G. A. I. 2007. Analisis Falsafah dan Konsep Akuntansi dalam Perspektif Filsafat Kultur Bali Tri Hita Karana dan Kesadaran Internal Lembaga terhadap Hukum Perusahaan. Tesis Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.

Undang-undang Repbublik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Wibowo. 2010. Budaya Organisasi : Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Windia, W. & K. D. Ratna. 2007. Analisis Bisnis yang Berlandaskan Tri Hita Karana. Denpasar: Penerbit Universitas Udayana.
Published
2018-08-23
How to Cite
Kurniawan Saputra, K., Sujana, E., & Tama, G. (2018). Perspektif Budaya Lokal Tri Hita Karana dalam Pencegahan Kecurangan pada Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Akuntansi Publik, 1(1), 28-41. https://doi.org/10.32554/jap.v1.i1.p28-41